Bimbingan Teknis Manajemen Barang Milik Daerah

Kategori : publik Selasa, 01 Desember 2015

 

Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) telah melaksanakan kegiatan  yang mengarah pada peningkatan kapasitas aparatur pengelolaa Manajemen Barang Milik Daerah (BMD), yaitu Bimbingan Teknis Manajemen Barang Milik Daerah. Pengeloaan atau Manajemen Aset Daerah merupakan satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan pengurusan dan akuntabilitas, meningkatkan manajemen layanan, meningkatkan manajemen resiko, meningkatkan efesiensi keuangan, baik untuk Dinas PPKAD sendiri maupun ditingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sehingga adanya kesamaan sistem pengeloaan dan hal lain yang berkenaan dengan pengeloaan BMD.

Tujuan Pelatihan ini adalah memberikan pemahaman umum mengenai pengelolaan barang daerah, memberikan pemahaman pengetahuan dan keterampilan mengenai penatausahaan barang daerah mencakup: pembukuan, inventarisasi, pelaporan, dan penghapusan. Pengelolaan Barang Daerah sangat diperlukan untuk kejelasan status kepemilikan BMD, inventarisasi kekayaan daerah, masa pakai BMD optimalisasi penggunaan, pemanfaatan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), antisipasi kondisi BMD dalam fungsi pelayanan publik, pengamanan barang daerah, dasar penyusunan neraca, kewajiban untuk melaporkan kondisi dan nilai BMD secara berkala.

Dasar Hukum Pengelolaan Barang Daerah UU No. 1/2004, Perbendaharaan Negara PP No. 24/2005, Standar Akuntansi Pemerintahan PP No. 58/2005, Pengelolaan Keuangan Daerah PP No. 6/2006, Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah PP No. 38/2008, Perubahan atas PP No. 6/2006 Keppres 80/2003, Pedoman Tatacara Pengadaan Barang dan Jasa Keputusan mendagri Nomor 12/2003, Pedoman Penilaian Barang Daerah Keputusan mendagri 153/2004, Pedoman Pengelolaan Barang Daerah Yang Dipisahkan, Permendagri 13/2006, Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Permendagri 17/2007 dan Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Bimbingan Teknis tersebut diselengarakan selama 2 (dua) hari tanggal 20 sampai dengan 21 Oktober 2015, diadakan diruang rapat Cot Trieng lt. II Kantor Bupati Pidie Jaya. Peserta pelatihan ini dihadiri sebanyak 48 orang, peserta bimbingan adalah bendahara barang Milik Daerah dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Pidie Jaya. Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Ir. H. Iskandar, M. Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya, dan turut hadir Bapak Hasbi, SE selaku sekretaris DPPKAD dan juga Bapak M. Nur selaku Kabid Aset Daerah Dinas PPKAD. Hadir juga sebagai Nara sumber dari Dinas Pendapatan dan Kekayaan Aceh Bapak Diaz Furqan, ST, MT, Bapak Mohd. Noer Rifatuddin, ST, Bpk Ardanil Rais, dan Hariandra Shahputra, SE.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32